08

PENGERTIAN PHP, MENGENAL FUNGSI DAN SINTAKS DASARNYA

Apa itu PHP

Pengertian singkat tentang PHP

PHP adalah bahasa penulisan skrip open-source yang biasanya digunakan dalam pemrograman atau pengembangan website. PHP memang bukan istilah asing bagi orang-orang yang pernah belajar bahasa pemrograman. Namun, bagi Anda yang masih awam atau baru terjun ke dunia pemrograman, Anda pasti bertanya-tanya tentang apa itu PHP.

Pengertian PHP dan Penjelasannya

PHP adalah singkatan dari Hypertext Preprocessor, yaitu bahasa pemrograman yang sebenarnya mirip dengan JavaScript dan Python. Perbedaannya adalah, PHP sering kali digunakan untuk komunikasi sisi server, sedangkan JavaScript bisa digunakan untuk frontend dan backend. Sementara itu, Python hanya untuk sisi server (backend).

Mengapa Menggunakan PHP?

Saat ini, sekitar 78% website di seluruh dunia menggunakan bahasa pemrograman yang diciptakan Rasmus Lerdorf di tahun 1995 ini. Bahkan platform besar seperti Facebook juga menggunakannya. Lantas, apa yang membuat PHP begitu populer? Mengapa menggunakan PHP yang sudah berumur lebih dari dua dekade ini? Berikut beberapa

alasannya:

1. Cenderung mudah dipelajari dibanding beberapa bahasa pemrograman populer lain, PHP lebih mudah dipelajari.

2. Materi belajar yang melimpah umur PHP yang cukup tua menyebabkan banyak sekali dokumentasi, panduan, dan komunitas aktif bertebaran di jagat maya. Jadi, tak perlu takut jika Anda mengalami kesulitan.

3. PHP bersifat open-source siapapun bisa menggunakan PHP tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun.

4. Kecepatan tinggi PHP terbukti bisa meningkatkan kecepatan loading dibanding bahasa lain. Misalnya, lebih cepat tiga kali daripada Phyton pada beberapa kasus.

5. Banyaknya pilihan database PHP bisa digunakan di hampir semua jenis database. Mulai dari MySQL, hingga non-relational database seperti Redis.

6. Kompatibilitas yang baik dengan HTML script PHP tidak mengganggu HTML sama sekali. Justru mereka berdua saling melengkapi.

7. Fleksibilitas tinggi PHP bisa dikombinasikan dengan banyak sekali bahasa pemrograman lain. Sehingga bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan.

8. Multi-platform PHP bisa Anda gunakan di macam-macam operating system. Mulai dari Windows, Linux, hingga MacOS.

9. Selalu diperbarui sejak pertama kali muncul tahun 1995, sekarang PHP sudah berada pada versi 8.

10. Mendukung layanan cloud siapa sangka, walaupun umur PHP hampir dua dekade, tapi ia bisa mendukung layanan cloud dengan skalabilitas yang baik.

Ditulis oleh: Admin

Tanggal: 03-08-2022 Pembaruan : 3 bulan lalu

 

Beri nilai


 
BAGIKAN :

Tinggalkan komentar

PHP FUNCTION, CARA MEMBUAT FUNGSI (FUNCTION) DENGAN PHP
GOOGLE REVIEW BUTTON, GOOGLE REVIEW BUTTON FOR WEBSITE
BASIC PHP CODE, PHP CODE UNTUK PEMULA
DINAMIC WEB PAGE, MEMBUAT HALAMAN WEB DINAMIS DENGAN PHP

Galeri