galery

PENGERTIAN HTML, FUNGSI HTML DALAM SEBUAH WEBSITE

PENGERTIAN HTML, FUNGSI HTML DALAM SEBUAH WEBSITE
Apa itu HTML
Pengertian singkat tentang HTML
HTML adalah bahasa markup yang berfungsi untuk membuat struktur website sehingga dapat diakses secara umum melalui aplikasi browser.
Kita patut berterima kasih pada Tim Berners-Lee yang telah mengembangkan HTML pada tahun 1991. HTML yang awalnya hanya dipakai untuk kebutuhan penelitiannya, kini dapat digunakan semua orang untuk berbagai kebutuhan.
Berkat perkembangannya, HTML juga telah memiliki banyak fungsi yang canggih. Misalnya, membuat website dengan multimedia, diaplikasikan dengan bahasa pemrograman lain, dan mampu menavigasi halaman website dengan hyperlink.
HTML ternyata tidak terlalu sulit jika dipelajari seorang pemula. Anda hanya perlu memahami komponen dasar HTML, yaitu elemen, tag, dan atribut. Di mana, elemen merupakan keseluruhan teks pada HTML yang berita penanda perintah atau tag, serta penjelas perintah tag atau atribut.
Fungsi HTML
HTML digunakan untuk membuat dokumen elektronik (disebut halaman) yang ditampilkan di World Wide Web (www). Setiap halaman berisi serangkaian koneksi ke halaman lain yang disebut hyperlink. Setiap halaman web yang Anda lihat di Internet ditulis menggunakan satu versi kode HTML atau yang lain.
Kode HTML memastikan format teks dan gambar yang tepat untuk browser Internet. Tanpa HTML, browser tidak akan tahu bagaimana menampilkan teks sebagai elemen atau memuat gambar atau elemen lainnya. HTML juga menyediakan struktur dasar halaman, di mana Cascading Style Sheets dihamparkan untuk mengubah tampilannya.
HTML dianggap sebagai tulang (struktur) dari sebuah halaman web, dan CSS sebagai kulitnya atau tampilan.
Berikut fungsi HTML:
1. Fungsi utama HTML, untuk membuat suatu halaman website yang bisa dibaca dan dipahami dengan lebih mudah. Seluruh laman website yang ada di internet, dibuat dengan HTML dan tak ada pengecualian.
2. Menandai teks pada suatu laman. HTML ditulis pada suatu halaman dokumen dengan tag atau simbol tertentu. Simbol dan tag tersebut akan membuat tampilan teks menjadi tebal, miring, bergaris tebal dan sebagainya. Semisal jika membuat suatu teks menjadi teks miring atau italic, di laman HTML harus ditulis kode untuk teks tebal dan untuk teks bergaris bawah.
3. Sebagai dasar website. Website yang dibuat tentu memiliki beberapa fitur. Dibuat menggunakan java script untuk mengatur perilaku web, implemetasi bahasa pemrograman server PHP, dan mendesain web menggunakan CSS. Semua bahasa ini dapat diaplikasikan jika web memiliki bahasa HTML sebagai dasarnya.
4. Menampilkan tabel, gambar, video dan lainnya. Umumnya di halaman website atau blog kita tidak bisa langsung meletakkan tabel, gambar maupun video. Sehingga butuh komponen yang diletakkan pada web menggunakan bahasa HTML.
5. Menandai elemen dan membuat online form. HTML berfungsi menandai bagian-bagian dalam website di antaranya header, footer, main, navigation dan sebagainya. Selain itu HTML juga digunakan sebagai bahasa dalam membuat formulir digital atau online form.
Ditulis oleh: Admin

Tanggal: 03-08-2022 Pembaruan : 3 bulan lalu

 

Beri nilai


 
BAGIKAN :
CSS MULTIPLE COLUMNS, MEMBUAT TULISAN KORAN
LINK BUILDING STRATEGY, SEO LINK BUILDING UNTUK WEBSITE
BASIC PHP CODE, PHP CODE UNTUK PEMULA
MENU DESAIGN LAYOUT, MEMBUAT MENU RESPONSIVE DENGAN MUDAH

Galeri